Monday, April 27, 2015

Bagaimana cara mengatasi softbrick device Samsung Tab 2?

Buat Kalian yang ngalamin softbrick dengan kondisi Tab 2 stuck seperti yang dibawah ini


FIrmware upgrade encountered an issue. Please select recovery mode in Kies & try again

gak usah panik, gak usah mewek gak jelas kayak anak ababil, calm down dan pastikan Tab 2 masih terdetect di ODIN, HH masih bisa nyala & klo masih bisa di charge dengan kondisi softbrick, di charge aja dulu pake listrik dirumah agan, buat jaga2 biar gak mati ketika ngeflash via ODIN, jangan di rumah orng laen ntar tab.nya ilang, jangan di charge langsung ke tiang listriknya PLN ntar yang ngebrick bukan cuma HH.nya tapi agan bisa ikutan ngebrick.

NOTE : sewaktu Tab 2 dicharge dengan kondisi softbrick, HH akan terasa lumayan panas, ngecasnya jangan terlalu lama gan kurang lebih sejaman aja, takutnya ntar malah ngerusak komponen yang laen karena kepanasan. 


OK back to tips

  • putuskan dulu semua koneksi usb (HH, modem, flashdisk, etc).
  • close seluruh aplikasi yang berhubungan dengan Samsung KIES melalui task manager. (menurut info yang beredar, Samsung KIES bisa menggangu proses flashing via ODIN dan bisa menyebabkan fail). CMIIW
  • koneksikan lagi HH ke komputer or laptop, pastikan terdetect di komputer or laptop (klo perlu instal ulang driver HH.nya)
  • buka aplikasi ODIN (pastikan HH terdetect di ODIN) flash stock ROM.nya (ICS or JB its OK). Region gak jd masalah yang penting HARUS STOCK ROM, (klo belum punya download dulu di page one).
    NOTE : ketika proses flashing sedang berjalan jangan koneksikan FD, modem or everything yang berhubungan dengan USB, port.nya bisa ke detect di ODIN dan bisa menyebabkan fail. Tested on my PC. D W Y O R yah
  • tunggu sampai proses flashing ROM.nya benar2 selesai (proses downloading ROM dari PC ke Tab akan sama seperti saat melakukan proses flashing dalam kondisi download mode pada HH normal)
  • klo proses flashing udah selesai agan bisa set ulang HH agan seperti dari awal.

No comments: